15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Sambut PBAK Luring, 240 Mahasiswa Baru PAI Antusias Ikuti Pra-PBAK

dok. Hanif

Menyambut PBAK Tahun 2022, sebanyak 240 mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti kegiatan Pra-PBAK yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) pada Selasa (02/08). Pra-PBAK merupakan awal dari serangkaian acara PBAK yang akan digelar pada (03-05/08). Menghadapi perhelatan PBAK yang diselenggarakan secara luring, HMJ PAI telah mengusahakan segala yang diperlukan untuk mengawal para mahasiswa baru dari awal hingga akhir PBAK.

Dari 240 mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), terdapat setidaknya lima pembagian kelompok  untuk mahasiswa baru tersebut. Beberapa kelompok itu ialah kelompok Moh. Hatta, Agus Salim, Ki Hajar Dewantara, Cut Nyak Dhien, dan RA Kartini. Setiap kelompok ini  terdiri dari kurang lebih 50 mahasiswa di dalamnya.

Euphoria mahasiswa baru PAI nampaknya begitu terlihat, hal ini tentunya berbeda dengan PBAK dalam dua tahun terakhir yang diselenggarakan secara daring tanpa adanya kegiatan yang luring. Pada pelaksanaan Pra-PBAK kali ini, rangkaian kegiatan dilalui oleh seluruh mahasiswa baru PAI dengan lancar dan disiplin.

“Alhamdulillah, mahasiswa baru PAI mengikuti seluruh kegiatan dengan semangat. Selain para mahasiswa yang bersemangat, penanggung jawab kelompok juga tidak kalah semangat untuk membersamai para mahasiswa baru yang sedang menjalani Pra-PBAK.” Tutur Reineta Dian Kusumawati, Ketua Umum HMJ PAI Periode 2022.

dok. Hanif

Dalam rangkaian kegiatan Pra-PBAK ini terhitung terdapat 3 agenda yang akan dilaksanakan. Di antaranya ialah mimbar bebas, materi antropologi kampus serta sejarah kemahasiswaan, dan pembuatan konten oleh Genwa FITK 2022. Dalam mimbar bebas ini, perwakilan mahasiswa baru PAI menampilkan pertunjukan drama musikalisasi puisi serta orasi.

“Jadi apa yang kami tampilkan itu mengenai perjuangan seorang mahasiswa yang bersusah payah untuk mampu berkuliah tetapi menghadapi berbagai rintangan dan tantangan yang banyak. Dari berbagai tantangan yang berupa uang kuliah mahal hingga kewajiban masuk ma’had akhirnya menjadikannya menyerah pada keadaan karena tidak mungkin memaksakan keadan orang tuanya.” Tukas Fira Arbayani, salah seorang perwakilan dari mahasiswa baru jurusan PAI.

Di penghujung acara, para penanggung jawab kelompok kembali menguatkan dan senantiasa memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa baru PAI untuk menjalani PBAK yang akan digelar mulai Rabu (03/08) hingga Jum’at (05/08).

 

Penulis : Abdul Hanif Fauzi (Kominfo HMJ PAI 2022)

Related Posts

Related Posts