15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

HMJ PAI Selenggarakan Design Training dengan Total 1156 Peserta

dok. Kominfo

HMJ PAI sukses menggelar kegiatan Design Training with Multiplatform dengan total peserta sebanyak 1156 orang. Design Training mengangkat tema “Memperluas Pengembangan Diri dan Kreativitas Desain Grafis Multiplatform". Design Training digelar secara online melalui platform Zoom Meeting dan streaming kanal YouTube HMJ PAI pada Sabtu-Minggu (17-18/7). Mengusung acara dengan basis multiplatform, dalam kegiatan ini terdapat dua materi pelatihan, yaitu untuk software Photoshop dan Corel Draw.

Acara ini dipandu oleh Rahayu Ningsih (Kominfo HMJ PAI) sebagai pembawa acara dan dimoderatori oleh Ineke Nadya H (Tim Kreatif YouTube NU Online). Secara umum, kegiatan pelatihan desain dimulai dengan pemaparan teori, dilanjutkan dengan praktik desain oleh dua pemateri, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Materi training pada hari pertama (17/7) adalah materi software Photoshop. Diqqi Alvin H (Konten Kreator AISNU Jawa Tengah), memberikan berbagai materi pengenalan tools software serta praktiknya pada seluruh peserta. Pada akhir pemaparan materi dan sesi tanya jawab, Diqqi memberikan sebuah motivasi sebagai closing statement darinya, " terus produktif, jangan takut dihujat, jangan takut gagal, dan yang harus ditakutkan adalah ketika kita menua tanpa karya."

Di hari selanjutnya (18/7), Arfian Hidayat (Co. Bidang Infokom GP Ansor Bawang) memaparkan materi untuk software Corel Draw. Pemaparannya diawali dengan mengenalkan teori-teori umum dalam desain grafis. Arfian menuturkan bahwa “ menurut para ahli dalam bidang desain, teori merupakan hal yang penting dalam desain agar inti desain yaitu informasi dapat tersampaikan". 

Materi berikutnya adalah perkenalan beberapa teknik yang sering digunakan dalam pembuatan desain pamflet. Sesi pemaparan materi kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab yang cukup atraktif dari para peserta.

Pada hari kedua pula, Ketua Jurusan PAI Ibu Dr. H Fihris, M.Ag. meninjau jalannya kegiatan dengan ikut serta masuk dalam zoom kegiatan ini.

Sebelum acara berakhir, Rahayu Ningsih meminta para peserta untuk on cam guna dilaksanakannya sesi dokumentasi. Kemudian, kegiatan ini resmi ditutup sebagai tanda berakhirnya kegiatan Design Training with Multiplatform.


Penulis : Abdul Hanif Fauzi (Kominfo HMJ PAI 2021)




Related Posts

Related Posts