15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Tumbuhkan Kreativitas Menulis Ilmiah, HMJ PAI Adakan Bincang Kepenulisan Esai


dok. Kominfo


Semarang-HMJ PAI menggelar kegiatan “Bincang Kepenulisan Esai” secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Sabtu (12/09). Selain berlangsung melalui Zoom Meeting, acara bincang kepenulisan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube HMJ PAI. Tema yang diangkat dalam acara tersebut adalah “Optimalisasi Kreativitas dan Penajaman Ide Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa melalui Pelatihan Esai”. 

Acara Bincang Kepenulisan Esai digelar sebagai bentuk usaha nyata HMJ PAI memfasilitasi seluruh mahasiswa PAI untuk mampu mengembangkan potensi mahasiswa khususnya melalui kepenulisan esai. Acara tersebut diikuti oleh sebanyak 130 orang peserta yang berasal dari mahasiswa PAI dan kalangan umum.

Pada acara tersebut, Nasikhin memberikan pelbagai pembahasan mengenai esai yang mengarah pada metode penyusunan teks esai. Dalam menyusun esai, terdapat beberapa langkah yang ditempuh untuk menyusun sebuah susunan esai yang lengkap. Di antara langkahnya ialah menentukan tema yang menarik, melakukan pengumpulan bahan, membuat outline, memperhatikan pemilihan kata, memulai untuk menulis, dan memberikan judul tulisan.

“Kemudian yang perlu diperhatikan dalam kepenulisan esai adalah outlinenya. Terdapat tiga bagian penting dalam outline, pertama adalah pengantar, batang tubuh, dan simpulan,“ tutur  Nasikhin. 

Dalam penjelasannya, Nasikhin juga memberikan penekanan bahwasannya untuk membangun sebuah karya tulis diperlukan sumber yang jelas dan otoritatif. Terdapat pula saran untuk menggunakan sumber referensi jurnal agar data yang digunakan lebih kuat dan menghindari berbagai referensi yang berasal dari blog dan web dengan penulis yang tidak diketahui kecakapannya. Pada bagian selanjutnya Nasikhin memberikan contoh bagaimana merancang susunan esai yang lengkap mulai tahap awal hingga tahap finishing dalam sebuah esai.

“Untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam sebuah presentasi tentunya tidak akan terlepas pada seringnya latihan presentasi. Selain itu, presentasi dengan menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab akan memberikan kepercayaan. Persiapkan media presentasi sematang mungkin dan berikan hal yang berbeda dalam presentasi anda” tukasnya dalam memberikan tips pada akhir sesi tanya jawab.


Penulis : Abdul Hanif Fauzi (Kominfo HMJ PAI 2021)

Related Posts

Related Posts