15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

TUCAFIDZ (Tunanetra Can be a Tahfidz) sebagai Platform bagi Penyandang Tunanetra untuk Mengaji dan Menjadi Seorang Tahfidz (Penghafal Al-Qur'an)

    Dok. Rizqi

          Berdasarkan laporan Kompas.com (2022), Indonesia menempati ranking ke-4 sebagai negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk yang diperkirakan mencapai 275 juta jiwa. Indonesia hanya tertinggal dari Amerika Serikat, India, dan Tiongkok yang berada beberapa tingkat diatas Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Dengan statistik yang begitu fantastis ini, banyak perusahaan asing yang membuka pabrik di Indonesia. Secara logika, dengan banyaknya jumlah penduduk maka artinya akan semakin besar jumlah konsumen sehingga pendapatan perusahaan akan semakin besar pula. Kemungkinan besar, penyebab Indonesia menjadi pengguna game online terbesar di Asia dikarenakan adanya perusahaan yang melihat peluang pasar ini. Adapun beberapa perusahaan asing berbasis smartphone yang selama ini beroperasi dan memasarkan produk diantaranya seperti Samsung, Xiaomi, Huawei, Vivo, Iphone, Apple, dan masih banyak lagi. 

        Dengan potensi perkembangan teknologi seharusnya tidak hanya dimanfaatkan untuk meraup keuntungan finansial, melainkan juga untuk memberikan kemudahan bagi orang lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan menciptakan inovasi berupa platform dengan target pasar masyarakat umum atau orang-orang yang memiliki kebutuhan tertentu. TUCAFIDZ (Tunanetra Can Be a Tahfidz) merupakan sebuah platform (aplikasi) yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penyandang tunanetra untuk belajar Iqra ataupun Al-Qur’an, bahkan memiliki kemungkinan untuk menjadikannya sebagai seorang Tahfidz (penghafal Al-Qur’an). Aplikasi ini memanfaatkan huruf hijaiyah yang dipadukan dengan huruf braille sebagai media pembelajaran untuk memudahkan penyandang tunanetra belajar Iqra atau Al-Qur’an.

       Dengan adanya aplikasi TUCAFIDZ diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penyandang tunanetra untuk belajar Iqra ataupun Al-Qur’an, hingga menjadikannya sebagai Tahfidz (Penghafal Al-Qur’an). Selain itu, aplikasi TUCAFIDZ dapat dijadikan media bagi PERTUNI untuk menjalankan program-program kerja dan memberikan manfaat bagi penyandang tunanetra. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai kegiatan produktif untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dibandingkan tidak mengisi waktu luang sehingga berpotensi menyebabkan seseorang bermaksiat ketika sendirian. Oleh karena itu, aplikasi TUCAFIDZ perlu melakukan inovasi dengan menambahkan fitur-fitur lain untuk ke depannya agar memberikan manfaat yang lebih banyak kepada banyak orang. Untuk desain aplikasi yang dijelaskan pada hanya sekedar gambaran atau rancangan untuk memperjelas tampilan aplikasi ini. Apabila kelak aplikasi ini akan di implementasikan kepada banyak orang, maka desain dan tampilan warnanya dapat diganti menyesuaikan keadaan.


Penulis: Muhammad Rizqi (Universitas Lambung Mangkurat)

Related Posts

Related Posts