15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Bentuk Karakter Siswa SMPN 5 Semarang Melalui Pesantren Kilat

 

Dok. Mahasiswa PAI UIN Walisongo

Semarang – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Semarang mengadakan Pesantren Kilat  Ramadan pada tanggal 3-6 April 2023. Acara ini dibuka pada Senin, 3 April 2023 di Aula SMPN 5 Semarang pukul 08.00 WIB.

Panitia Pesantren Kilat Ramadan menggandeng beberapa mahasiswa/i Program Studi  Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo untuk menjadi narasumber. Materi yang diajarkan dalam pesantren kilat kali ini adalah akhlak terpuji, fikih puasa, dan keutamaan membaca Al-Qur'an. 

Guru SMPN 5 Semarang, Drs. Suparno, dalam sambutannya menyampaikan, "Tujuan dari diadakannya Pesantren Kilat Ramadan adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dari siswa. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang lebih baik."

Firhan Septiawan, sebagai Koordinator Divisi Eksternal HMJ PAI UIN Walisongo menyampaikan dampak positif dari kegiatan ini. 

"Dengan adanya pesantren kilat yang menggandeng mahasiswa/i PAI UIN Walisongo berdampak positif bagi kedua belah pihak. Bagi mahasiswa, bisa melatih skill mengajar dan membranding prodinya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, kita bisa mengamalkan ilmu yang telah kita dapatkan selama perkuliahan. Sedangkan bagi siswa sendiri, mereka bisa belajar materi agama Islam yang belum tentu mereka dapatkan di sekolah."

Adapun sistem pengajarannya, mahasiswa/i dibagi untuk memasuki kelas. Mereka memberikan materi dan penugasan kepada siswa kelas 7 dan 8. Di hari terakhir, kegiatannya berupa materi keutamaan membaca Al-Qur'an, tadarus, buka bersama, dan tarawih berjamaah. Setelah itu mahasiswa PAI bersalam-salaman dengan pihak SMPN 5 Semarang. Hal ini menandai berakhirnya pesantren kilat. Meskipun begitu, harapannya semoga silaturahmi antara SMPN 5 Semarang dan PAI UIN Walisongo tidak terputus.

Penulis: Nurul Laely Mahmudah

Related Posts

Related Posts