15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Peduli Sesama, HMJ PAI Adakan Bakti Sosial dan Nuzulul Qur'an Bersama Anak-Anak Panti

Dok. HMJ PAI UIN Walisongo

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) UIN Walisongo Semarang mengadakan Bakti Sosial dan Nuzulul Qur'an di Panti Asuhan Al-Hikmah Bringin, pada Selasa (19/04).

Bakti Sosial dan Nuzulul Qur'an merupakan kegiatan rutin tahunan HMJ PAI UIN Walisongo. Di tahun 2022 kegiatan ini mengusung tema "Mengabdi dengan Aksi, Berbakti dengan Hati untuk Menggapai Ramadhan yang Hakiki."

Kegiatan bakti sosial digelar sebagai bentuk implementasi salah satu Tri Darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini berupa santunan anak yatim piatu dan pemberian sejumlah sembako yang diperoleh melalui penggalangan dana oleh pengurus HMJ PAI. 

Kegiatan bakti sosial juga bersamaan dengan peringatan Nuzulul Qur'an. Panitia mengadakan kegiatan khataman Al-Qur'an yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2019-2021. Teknisnya setiap kelas diberikan tanggung jawab untuk satu kali mengkhatamkan Al-Qur'an dengan kurun waktu satu minggu sebelum kegiatan ini. Kemudian prosesi khataman dan pembacaan doa dilaksanakan di Panti Asuhan Al-Hikmah ini.

Dr. Kasan Bisri, M.A., selaku Sekretaris Jurusan PAI turut serta menghadiri acara tersebut. 

Hadir dan menyampaikan ceramah, beliau membahas keutamaan bulan Ramadhan yang termaktub dalam hadits Nabi Saw. 

"Bulan Ramadhan merupakan wujud kasih sayang Allah kepada umat-Nya. Banyak sekali keutamaan di dalamnya. Diantaranya kita lebih menjadi produktif dalam beribadah."

Lebih lanjut, beliau menambahkan mengenai  4 golongan yang dirindukan surga. 

"Rasulullah pernah berpesan kepada umat-Nya bahwa surga sangat merindukan orang yang senantiasa membaca Al-Qur'an, orang yang mampu menjaga lisan, orang yang mau memberi makan orang yang lapar, dan orang hang berbahagia dengan adanya bulan Ramadhan," pungkasnya.

Penulis: Abdul Hanif Fauzi dan Nurul Laely Mahmudah (KOMINFO HMJ PAI 2022)


Related Posts

Related Posts