15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Kajian Rutin PAI Dua, Mengupas Keutamaan Puasa

  Dok. HMJ PAI UIN Walisongo

Semarang – Kajian Rutin PAI atau yang sering disebut KANTIN PAI kembali digelar oleh HMJ PAI UIN Walisongo pada Sabtu, 16 April 2022. 

Bertepatan dengan bulan Ramadhan, KANTIN PAI 2 ini mengusung tema "Keutamaan Puasa dalam Perspektif Fisiologis dan Psikologis".

Akhmad Nafis Mubarok, Koordinator Divisi Pendidikan dan  Penalaran (Diknal) mengemukakan alasan pemilihan tema tersebut. 

"Alasannya karena kami ingin memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang keutaamaan puasa. Selain mendapatkan pahala dari Tuhan, puasa juga memberikan keutamaan untuk diri sendiri, khususnya keutamaan dalam kesehatan fisik dan mental."

Ketua Jurusan PAI UIN Walisongo, Dr. Fihris, M. Ag. merupakan narasumber dalam KANTIN PAI 2. Beliau menyampaikan mengenai keutamaan puasa. 

"Secara fisik, puasa dapat menurunkan berat badan karena adanya penurunan glukosa dalam tubuh. Kemudian puasa juga dapat meningkatkan sel penetral alami di dalam tubuh, seperti bisa mengatasi encok dan nyeri sendi."

Tak hanya bermanfaat secara fisik, puasa juga bermanfaat secara psikis. 

"Puasa merupakan sarana yang efektif untuk merenovasi jiwa-jiwa yang hampir terperosok ke dalam lubang-lubang keingkaran dan mensucikan diri dari lumuran lubang-lubang jahiliyah. Dengan kata lain, puasa yang tepat akan bisa mengangkat seseorang yang telah berkubang dalam maksiat menuju fitrahnya sebagai manusia," imbuhnya.


Penulis: Nurul Laely Mahmudah (Kominfo HMJ PAI)

Related Posts

Related Posts