15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

21 Mahasiswa PAI Ikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Luar Negeri

Dok. PAI

Semarang (13/06) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Walisongo melaksanakan kegiatan student mobility berupa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) luar negeri di UiTM, Cawangan Malaka Malaysia. 

Kegiatan ini diadakan selama dua hari, pada tanggal 12-13 Juni 2023 dan diikuti oleh 21 mahasiswa kelas internasional PAI dengan didampingi dua dosen PAI. Rombongan disambut oleh Deputi Rektor UiTM Bidang Akademi, Prof. Dr. Ismadi Bin MD Badarudin. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa kegiatan KKL jurusan PAI ini menjadi bukti kuatnya hubungan dua kampus, UiTM dan UIN Walisongo.

"Semoga mahasiswa PAI bisa mengikuti kegiatan KKL di UiTM selama dua hari dengan menyenangkan dan mendapatkan pengalaman yang kaya," tambahnya.

Dok. PAI

Wakil Dekan 1 FITK UIN Walisongo, Dr. Mahfud Junaidi, M.Ag. mengatakan "Kegiatan KKL ke Malaysia adalah salah satu bentuk internasionalisasi yang menjadi target dari UIN Walisongo Semarang."

Kegiatan ini  juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri dan memperluas wawasan mereka dalam bidang pendidikan serta crosscultural understanding. Mahasiswa PAI mendapatkan pengalaman melakukan kegiatan pembelajaran bersama mahasiswa Malaysia dalam sesi crosscultural communication

"Mahasiswa sangat antusias dan mampu bekerja sama dalam sebuah tim lintas budaya. Oleh karena itu, kegiatan ini harus ditindaklanjuti dalam kegiatan yang berkesinambungan antara dua belah pihak", tambah Ketua Jurusan PAI, Dr. Fihris, M. Ag.  

Selain itu, mahasiswa PAI juga berkesempatan menimba ilmu tentang komunikasi efektif lintas budaya. Sesi ini memberikan penguatan soft skill bagi mahasiswa PAI untuk memiliki keterampilan komunikasi efektif yang menjadi tuntutan society 5.0. Disela-sela kegiatan mahasiswa PAI juga menampilkan pertunjukan seni kepada mahasiswa Malaysia sebagai wujud keakraban dua budaya.

Penulis: Dr. Kasan Bisri, M.A.

Related Posts

Related Posts