15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

MUNAS PPPAI Ketiga, PAI UIN Walisongo Raih Gelar Prodi Terinformatif

Lombok — Pimpinan prodi PAI UIN Walisongo menghadiri Musyawarah Nasional Perhimpunan Prodi PAI Se-Indonesia  (PPPAI) yang dilaksanakan di Lombok, 19-21 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 123 peserta yang terdiri dari Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi PAI pada masing-masing perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

Dok. PPPAI

Ketua Panitia, Dr. Saparrudin, M. Ag. yang juga menjabat sebagai wakil dekan I FTK UIN Mataram mengatakan bahwa kegiatan ini diiringi dengan "3th Annual Conference on Islamic Religious Education (ACIRE) of PPPAI Indonesia." 

Alasan mengapa Lombok dijadikan sebagai lokasi Musyawarah Nasional yaitu berdasarkan kesepakatan hasil musyawarah di Malang tiga tahun silam. Selain itu, Lombok juga mempunyai daya tarik pengunjung yang tinggi.

Kegiatan bergengsi ini berhasil mendatangkan Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag. selaku Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam  Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Tak hanya itu, kegiatan ini juga mengundang Drs. H. Amrullah, M. Si. selaku Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

"Tantangan prodi PAI kedepan meliputi inovasi strategi pembelajaran dan digitalisasi pembelajaran PAI. Hal ini berlaku baik ditingkat SD, SMP, maupun SMA," tutur Drs. H. Amrullah, M.Si.

Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. TGH Masnun Tohir, M. Ag. memberikan apresiasi yang sangat luar biasa terhadap PPPAI. Menurutnya, alumni PAI sering menjadi rujukan masyarakat dalam menjawab problematika yang terjadi di tengah-tengah mereka. Oleh karena itu, Prodi PAI harus bisa membekali mahasiswanya supaya dapat berkontribusi dan berinovasi ketika terjun di masyarakat.

Dok. PPPAI

Menurut Ketua 2 PPPAI, Dr. Fihris, M. Ag. yang juga menjabat sebagai Ketua Prodi PAI UIN Walisongo berpendapat bahwa kegiatan ini sangat mengesankan.

"Dengan tema yang diusung yakni "Moderasi Beragama dalam Bingkai Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka" menjadikan kegiatan luar biasa ini bisa menjembatani problem implementasi Moderasi Beragama pada MBKM. Selain itu, Alhamdulillah kegiatan ini juga berhasil menghimpun 50 MoU Prodi PAI seluruh Indonesia. Kemudian hal yang paling mengesankan dari kegiatan ini PAI UIN Walisongo Semarang didaulat sebagai Prodi PAI terinformatif menggeser 122 Prodi PAI se Indonesia," pungkasnya. 

Penulis: Nurul Laely Mahmudah (Kominfo HMJ PAI 2023)

Related Posts

Related Posts