15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Ratusan Mahasiswa PAI dan MPI UIN Walisongo Ikuti Pelepasan PLP 1

Dok. Mahasiswa PAI

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (FITK UIN Walisongo) menggelar kegiatan Pelepasan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) di lapangan Gedung Dekanat FITK Kampus 2 pada hari Rabu, 26 Juli 2023 pukul 07.30 WIB. 

PLP 1 merupakan bentuk pengamatan mahasiswa calon sarjana pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Waktu kegiatan PLP 1 dilaksanakan sejak 26 Juli sampai 12 Agustus 2023. Adapun PLP 2 akan dilaksanakan di semester yang lebih tinggi.

Dok. Mahasiswa PAI

Kegiatan ini diawali dengan upacara pelepasan mahasiswa PLP 1 yang dipimpin oleh  Nor Hadi, M.Pd.I. selaku Sekretaris Laboratorium Pendidikan FITK. Kemudian disusul dengan Laporan Ketua Laboratorium Pendidikan FITK, Dr. Hj. Nur Asiyah, M.S.I. 

"Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan bagi mahasiswa PAI dan MPI semester lima dengan berjumlah 415 mahasiswa. Dari jumlah tersebut, mahasiswa disebar ke 40 sekolah atau madrasah dengan 40 Dewan Pembimbing Lapangan (DPL)," tutur Dr. Hj. Nur. Asiyah, M.S.I.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Dekan I FITK, Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag. sekaligus pelepasan mahasiswa secara simbolik. 

Dalam sambutannya, beliau menerangkan terkait output mahasiswa ketika mengikuti PLP 1. 

"Mahasiswa PAI dan MPI angkatan 2021 ini adalah angkatan kedua yang menjalani PLP 1 sebagai bagian dari kurikulum MBKM.  PLP 1 ini mahasiswa melakukan pengamatan terhadap lapangan persekolahan, seperti kultur dan manajemen sekolah. Sehingga output dari kegiatan PLP 1 ini mahasiswa dapat membuat artikel yang dimuat di jurnal sinta dan  dinilai oleh DPL," terangnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Wakil Dekan II FITK, Drs. H. Muslam, M. Ag serta penyerahan langsung dari DPL ke masing-masing sekolah yang menjadi tujuan kegiatan PLP 1.

Penulis: Nurul Laely Mahmudah (Mahasiswa PAI UIN Walisongo)

Related Posts

Related Posts