15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Mengoptimalkan Minat Dan Bakat Dengan Aplikasi MMB ( Mengekspor Minat Dan Bakat) Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia

 

Dok. Pixabay

Pendidikan bukan hanya terfokus pada akademik saja tetapi harus dapat bergerak seimbang antara akademik dan juga non akademik. Seringkali pembelajaran non akademik tidak di pedulihkan dalam suatu pembelajaran dengan anggapan bahwa akademik merupakan tolak ukur dalam suatu kesuksesan. Sehingga seorang siswa di tuntut agar bisa memperoleh nilai yang tinggi dalam akademik. Dengan tuntutan seperti itu siswa mendapatkan tekanan dari berbagai pihak sehingga memikirkan suatu cara agar mendapatkan nilai yang baik, terkadang tuntutan tersebut menyebabkan siswa memilih cara yang  salah dalam  memperoleh nilai yang tinggi. Hal tersebutlah merupakan salah satu penyebab dari rendahnya kualitas pendidikan di indonesia.

Tanpa disadari bahwa dengan anggapan yang salah dapat menyebabkan pola pikir terhadap suatu pendidikan mejadi keliru di mana nilai akademik merupakan suatu prioritas bagi seorang pelajar. Pada dasarnya pembelajaran secara non akademik sangatlah penting bagi seorang pelajar karena jika seorang pelajar hanya terfokus terhadap akademik saja maka masih tidak akan cukup untuk menunjang masa  depan seseorang. Pada pembelajaran non akademk siswa dapat mempelajari bagaiamana cara bersosialisasi, dapat mengembangkan bakat dan kreaktivitas yang dimiliki atas dasar kemauan sendiri tanpa adanya pemaksaan dari berbagai pihak. Hal tersebut tidak akan di dapatkan pada pendidikan akademik, oleh karena itu pentingnya suatu keseimbangan pendidikan akademik dan non akademik. Dengan adanya keseimbangan  pendidikan akademik dan non akademik dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan  di indonesia.

Setiap orang memiliki bakat dan juga minatnya sendiri. Namun terkadang hal tersebut tidak di pedulihkan atau dalam kata lain di indonesia lebih mengutamakan nilai akdemik dibandingkan non akademik. Oleh karena itu, terkadang siswa tidak dapat mengembangkan  suatu potensi dalam dirinya. Aplikasi MMB atau aplikasi Mengekspor Minat dan Bakat merupakan suatu apllikasi yang membantu dalam mengekspor minat dan bakat seorang pelajar.Yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengekspor potensi diri dan juga mengembangkan bakat masing-masing. Aplikasi MMB  akan di rancang memiliki beberapa fitur seperti berikut:

  1. Mengekspor atau mendeteksi potensi atau bakat yang dimiliki, dengan cara siswa dapat memberikan atau mengisi informasi mengenai bakat yang dimiliki seperti mempunyai kebolehan dalam memainkan musik, menjahit, ahli dalam memasak, menyanyi, dan dapat diisi sesuai bakat yang dimiliki. Hasil dari itu berupa  persentasi yang diperoleh dari setiap bakat yang dimiliki.

  2. Akan diberikan pelatihan secara visual atau dalam bentuk  video yang dapat disesuaikan dari bakat  masing-masing, contohnya seperti video cara memainkan alat musik dengan baik dan benar dan sama halnya dengan bakat yang lain.

  3. Diberikan informasi mengenai webinar dan juga ajang perlombaan untuk menunjang perkembangan dari bakat tersebut.

  4. Memberikan informasi mengenai beberapa pengalaman dalam dunia pendidikan dari sumber yang mempunyai pengalaman yang banyak dalam bidang tersebut. Informasi tersebut dibuat dalam bentuk  video atau cerita yang dapat dibaca secara langsung. Yang bertujuan agar dapat membantu memotivasi untuk belajar.

Related Posts

Related Posts