15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

MY-TPQ: Aplikasi Pembelajaran TPQ Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Berpedoman Nilai-Nilai Islam pada Anak Menuju Indonesia Maju

Berbagai perubahan kehidupan terjadi sebagai akibat dari globalisasi, baik dari aspek ideologi, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan. Faktor penyebab perubahan tersebut adalah adanya perkembangan teknologi informasi yang mengarah pada percepatan informasi dan bisa menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat. Antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan perlu dimaksimalkan terutama terhadap generasi muda yang akan memegang tongkat estafet kehidupan bangsa dan negara Indonesia di masa depan. Pendidikan menjadi salah satu alternatif penting yang dilakukan dalam membangun mentalitas anak bangsa. Mentalitas yang dibangun adalah mentalitas muslim yang sarat dengan nilai-nilai keislaman. Ada banyak strategi, metode yang dapat dilakukan untuk menghindari dampak buruk globalisasi, salah satunya yaitu dengan membangun Taman Pendidikan Al-Qur'an yang dianggap mampu memberikan pemahaman kepada anak-anak usia tertentu sesuai tuntunan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Fakta mengatakan bahwa tergerusnya nilai-nilai spiritual Islam akibat transformasi budaya barat yang merusak pola pikir anak.

Game membuat generasi muda lupa. Jumlah perilaku yang tidak diinginkan akibat dari lemahnya mental terus meningkat secara signifikan. Seorang Muslim yang baik memiliki kewajiban yang mengacu pada Surat Ali-Imran ayat 104 yang artinya “Dan hendaklah darimu suatu umat yang mengajak kepada yang baik, yang menyuruh ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan itulah yang akan berhasil", jadi kita harus selalu saling mengingatkan. Kita tidak ingin generasi penerus bangsa mengalami kehancuran spiritual, kerusakan mental, bahkan lupa dengan agamanya sendiri. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan pembinaan mental spiritual dan penanaman nilai agama sejak dini. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan adanya kegiatan membaca Al-Qur'an bagi anak-anak yang diakomodasi TPQ. Keberadaan lembaga pendidikan tersebut, kiranya menjadi semangat untuk dapat menjadi seseorang yang memiliki pengetahuan spiritual.

TPQ yang memiliki misi meningkatkan mentalitas anak-anak untuk membentengi diri dari budaya barat yang menyesatkan sangat penting untuk diadakan. Banyaknya anak-anak yang tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an, merupakan fenomena keprihatinan yang harus dilakukan tindakan pencegahan. Diperkirakan 50% lebih banyak anak yang terpaksa tidak menerima pendidikan Al-Qur'an, hal ini disebabkan karena belum familiarnya TPQ. Namun saat ini, dunia sedang dihadapkan dengan adanya virus Covid-19 yang menjadikan TPQ juga ditutup. Akibatnya, banyak anak-anak yang lalai dan lupa dengan pendidikan agama ditambah pengawasan yang kurang dari orang tua. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah teknologi yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan islam dan pendidikan karakter terutama pada saat pandemi covid-19.

Teknologi tersebut berbentuk aplikasi berbasis android yang bernama MY-TPQ Tujuan terciptanya MY-TPQ ini ialah memajukan pendidikan TPQ melalui media pembelajaran yang menarik dan nantinya bisa meningkatkan pengetahuan agama serta pendidikan karakter pada anak di Indonesia. Di sini penulis mencoba teknik augmented reality dengan harapan aplikasi ini bisa menarik anak-anak agar tidak terfokus game online. Augmented Reality, ini merupakan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Virtual Laboratory merupakan software yang bisa memvisualisasikan fenomena fisika yang terlihat abstrak sehingga siswa dapat meningkatkan pemahamannya dan meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah terkait fenomena fisika (Swandi et al. 2014). Beberapa tahun terakhir mulai dikembangkan program augmented reality. Program ini memadukan antara virtual reality dengan world reality. Selain itu, Augmented Reality juga merupakan variasi dari virtual reality.

Proses pembuatan aplikasi MY-TPQ berbasis android ini dengan menggunakan metode sistem pengembangan perangkat lunak Waterfall dimana setiap proses harus urut sehingga perancangan lebih mudah untuk dikontrol.

Gambar 1. Proses Pembuatan Aplikasi MY-TPQ


Langkah pertama dalam mendesain aplikasi MY-TPQ adalah menganalisa kebutuhan Anda agar aplikasi Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menganalisis kebutuhan Anda dan memasuki proses desain, tampilan aplikasi Anda harus memenuhi kebutuhan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengannya. Setelah proses desain selesai, ubah desain sistem Anda menjadi pemrograman sehingga Anda dapat melanjutkan ke pengembangan aplikasi dan menjadi aplikasi. Sebelum menyebarkan aplikasi ke semua pengguna, aplikasi MY-TPQ terlebih dahulu diuji untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Setelah itu, aplikasi siap diimplementasikan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan jangan lupa untuk menjaga aplikasi secara rutin.

Aplikasi MY-TPQ hadir dengan enam fitur utama. Masing-masing fitur ini mempunyai peran masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lain. Berikut ini merupakan penjelasan dari rincian fungsi dan alur dari enam fitur unggulan dari aplikasi MY-TPQ:

1.      Belajar Baca Tulis Al-Qur’an dengan Fitur Permainan Berlevel

    Salah satu karakter generasi Qur’ani adalah memiliki dan menghargai ilmu pengetahuan. Baca Tulis Al-Qur’an yang kemudian akan disebut dengan BTQ ini sebagai dasar pengetahuan. Seperti yang kita ketahui ilmu akan kita dapatkan ketika kita bisa membaca, meskipun membaca memiliki arti luas namun membaca tulisan adalah salah satunya. BTQ akan menjadi dasar pembelajaran berbahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an. Selain sebagai dasar membaca dan memahami Al-Quran, BTQ ini juga memberi peluang untuk belajar berbahasa asing. Fitur permainan berlevel dimaksudkan agar pembelajaran bisa bertahap dan sistematis. Selain itu dalam pembelajaran alfabet Arab disediakan fitur koreksi pelafalan huruf melalui audio yang dilambangkan dengan ikon microphone. Fitur ini bertujuan agar pelafalan setiap huruf (makhraj) tepat dalam pengucapannya. Sebelum koreksi pelafalan dilakukan, sebelumnya akan dijelaskan melalui video edukasi berisi penjelasan dari pakar.

2.  Menanamkan Akhlaqul Karimah Melalui Kisah Nabi dan Kandungan Surat Al-Quran dengan Video Edukasi Berteknologi Augmented Realita

    Pandai belajar dari sejarah merupakan salah satu karakter generasi Qur’ani. Aplikasi MY-TPQ mengintegrasikan karakter ini melalui kisah nabi dan kandungan surat dalam Al-Qur’an. Dengan belajar melalui sejarah kisah nabi dan kandungan surat tersebut maka diharapkan mampu menganalisis sifat dan sikap dalam mnghadapi permasalahan. Hal ini nantinya akan diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari untuk menghadapi tantangan global era society 5.0 dalam ranah agama lebih tepatnya untuk menyongsong moderasi islam yang tentu makin banyak tantangannya. Dengan belajar sejarah kisah nabi tersebut dapat mengajarkan analisis keputusan dalam menghadapi permasalahan secara sederhana. Materi ini disajikan berupa video animasi tiga dimensi dengan teknologi augmented reality. Teknologi ini dipakai dengan tujuan agar memberikan pengalaman berbeda dan menarik bagi anak. Pada akhir sesi akan diadakan kuis sebagai pemantapan materi.

3.    Menghafal Surat Al Quran dengan Cerita Beralur

    Seperti yang disebutkan sebelumya bahwa Al-Qur’an merupakan sumber pendidikan islam, sebagai pedoman dalam kehidupan, dan solusi dalam permasalahan hidup. Materi ini dihadirkan dengan kemasan cerita beralur, cerita tersebut akan diawali dengan konflik, mengajak untuk menganalisis masalah yang terjadi menggunakan hati. Pada akhir alur cerita akan ditampilkan ayat Al-Qur’an yang relevan dengan permasalahan tersebut.

4.      Mengenal Allah dengan Fitur Permainan Berlevel

       Allah adalah satu satunya kebenaran yang absolut. Sifat manusia cenderung haus akan kebenaran membuat materi ini penting untuk disajikan. Mengenal Allah yang termasuk dalam materi ketauhidan menyajikan sub materi berupa keimanan terhadap Allah hingga sifat sifat yang dimiliki Allah. Materi ini mengajak untuk berfikir tentang apa yang trjadi didunia ini tidak luput dari kebesaran-Nya. Dengan mengenal Allah kita akan mendapatkan banyak kebaikan di antaranya adalah akan tumbuh ketenangan, keberkatan dan kehidupan yang baik. Fitur permainan berlevel dimaksudkan agar pembelajaran bisa bertahap dan sistematis.

5.  Menanamkan Sunnah Melalui Hadist Shahih dengan Video Edukasi Berteknologi Augmented Reality

    Jumhur ulama telah sepakat bahwa sumber hukum islam pertama adalah Alquran dan hadits menjadi sumber hukum islam yang kedua. Artinya ini menunjukkan pentingnya ketika kita belajar, mengkaji, memahami bahkan mengamalkannya ilmu hadist dalam kehidupan sehari hari, berarti kita pun menjadi pengikut dan sekaligus menjadi pewaris para nabi. Materi ini disajikan berupa video animasi tiga dimensi dengan teknologi augmented reality. Teknologi ini dipakai dengan tujuan agar memberikan pengalaman berbeda dan menarik bagi anak

6.      Mempelajari Bacaan dan Gerakan Shalat dengan Video Edukasi

    Shalat merupakan amal yang pertama kali di hisab, maka materi ini sangat penting untuk dimasukkan kedalam pembelajaran pada media pembelajaran MY-TPQ. Materi ini dipilih agar anak mampu memahami tata cara shalat dari segi bacaan dan gerakan secara tepat. Materi ini disajikan berupa video animasi tiga dimensi dengan teknologi augmented reality. Pemilihan fitur ini memiliki tujuan agar gerakan shalat bisa didemonstrasikan dengan baik karena terlihat dari berbagai sisi.


Penulis: Naily Zahrotun Arifah (Mahasiswa Universitas Gajah Mada)

Related Posts

Related Posts