15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

PERKEMBANGAN IPTEK (Langkah Awal Dalam Kemajuan Pendidikan Di Era Digitalisasi)

 

Dok. Freepik

Kemajuan pendidikan tidaklah terlepas terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi mempengaruhi setiap komunikasi yang tercipta antara pendidik dan peserta didik. Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah banyak hal dalam proses pembelajaran. Semakin berkembang maju sebuah peradaban manusia maka teknologi pun akan terus mengalami perkembangan untuk menyelaraskan pola peradapan manusia itu sendiri. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Tentunya hal ini merupakan suatu langkah yang mampu membuat lebih maju dunia pendidikan.

Penggunaan teknologi sudah bukan hal yang asing lagi di dalam era globalisasi. Termasuk di dunia pendidikan, sebagai tempat lahirnya teknologi, sudah sewajarnya bila pendidikan juga memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pelaksanaan pembelajaran. Dari sini, muncul lah istilah teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan adalah metode bersistem untuk merencanakan, menggunakan, dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan, baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif.

Perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa teknologi memasuki dunia digital. Penggunaan teknologi digital memiliki peran dalam mendukung dan meningkatkan proses kognitif peserta didik dan keterampilan berpikir. Salah satu contoh teknologi digital adalah internet. Internet dapat memungkinkan guru untuk menyajikan pelajaran menjadi lebih menarik bagi para peserta didik. Saat ini pembelajaran berbasis internet, seperti web-learning, e-learning atau pembelajaran online (pembelajaran jarak jauh) sudah banyak dilakukan. Pembelajaran-pembelajaran ini memanfaatkan internet sebagai media. Selain pembelajaran menjadi lebih fleksibel dari segi waktu, tempat dan usia, peserta didik juga dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran dengan bebas. Karena pembelajaran menjadi lebih individual, maka hal ini dapat meningkatkan proses kognitif peserta didik dan keterampilan berpikirnya.

Selain itu perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran yaitu diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan kemajuan Teknologi maka terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena dengan bantuan teknologi banyak hal dapat terdampaikan lebih konkret, dan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama sekarang menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan dan lebih cepat dengan menggunakan media seperti komputer yang dapat mengolah informasi dengan memamfaatkan berbagai program atau aplikasi yang membantu peserta didik dalam mengerjakan setiap tugasnya. Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK yaitu:

  1. Pembelajaran menjadi lebih efektif, simulatif dan menarik.

  2. Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / kompleks.

  3. Mempercepat proses yang lama.

  4. Menghadirkan peristiwa yang jarang terjadi.

  5. Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau diluar jangkauan


Penulis: Zuhrotun Nafis Aulawy (Mahasiswa PAI UIN Walisongo)

Related Posts

Related Posts